Pastikan Anda tahu jenis hosting, dan jenis layanan yang Anda butuhakan, sebelum memilih hosting yang tepat untuk situs Anda
Pastikan Anda tahu jenis hosting, dan jenis layanan yang Anda butuhakan, sebelum memilih hosting yang tepat untuk situs Anda

Halo, selamat pagi, selamat datang di emakdigital.com

Ini adalah post pertama dalam situs emakdigital.com. Situs ini merupakan tempat saya, Rahayu Pawitri, berbagi sedikit pengetahuan tentang pemasaran digital, atau biasa dikenal dengan digital marketing.

Emakdigital.com, sebetulnya merupakan situs ketiga saya. Situs pertama, smartcontentind.com, berubah nama menjadi kontenunik.com di akhir tahun lalu. Sayang, umur kontenunik tidak lama. Karena sebuah kesalahan, nama domain tersebut tidak dapat saya perpanjang.

Saya sedang overload pekerjaan, saat penyedia nama domain menghubungi jika nama domain kontenunik, beberapa hari lagi akan expired. Sayangnya, di hari yang sama saya juga tidak dapat menggunakan fasilitas e-banking karena rekening saya terblokir.

Berbekal informasi dari teman, hosting saya masih dapat digunakan meskipun domain saya mati, saya memilih membiarkan domain kontenunik.com mati.

Kesalahan saya adalah, saya tidak mencari informasi lebih jauh, apa saja yang saya butuhkan untuk memasukkan domain baru pada hosting yang telah tersedia.

Ternyata, saya dapat memasukkan domain baru jika saya memiliki regristar login, atau login 0 hosting. Yang sayangnya lagi, kedua fasilitas tersebut tidak tersedia pada penyedia hosting saya.

Begitulah, hangus semua tulisan yang pernah saya tulis sejak Desember 2016. Tidak banyak memang, namun sungguh membangun situs, sebetulnya bukan sebuah pekerjaan yang mudah. Mencari topik yang tepat, menentukan writing voice, dan terlebih memilih nama domain yang sesuai dengan brand yang diharapakan, bukanlah pekerjaan yang mudah.

Yang harus Anda lakukan saat memilih penyedia hosting yang tepat

Dari kejadian tersebut, saya mengambil pelajaran, memilih penyedia hosting, memang benar-benar harus sangat hati-hati (sengaja banyak repetisi ☺).

Masalahnya, ada banyak penyedia hosting di luar sana. Dan mereka menawarkan harga paket yang beragam; mulai dari yang paling murah (hanya Rp100.000) hingga yang jutaan rupiah per tahunnya.

Setelah mengalami kejadian diatas, selain ngobrol dengan kawan yang sudah paham dalam bidang ini, saya juga berselancar di mesin pencari untuk mencari cara terbaik menemukan hosting bisnis. Dan inilah hasil dari pencarian saya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *