Beberapa hari lalu, salah satu teman Emak Digital yang sedang belajar membangun blog bisnis, mengeluh. Beliau menyerah jika harus terus-menerus berkutat dengan blog dan tulisan.

“Order saja sudah numpuk, bagaimana mau nulis? Belum lagi harus ada pengembangan bisnis,” begitu keluhnya. Admin Emak Digital pun membatin, itulah mengapa ada jasa Content Creator seperti Emak Digital ini 🙂

Tak berapa lama, Beliau pun bertanya, “Apa harus punya situs atau blog bisnis, jika ingin menjalankan usaha online?” Nah!

Seberapa penting pebisnis online memiliki situs bisnis?

Jujur, jika Emak Digital hanya berpikir tentang keuntungan dan potensi untuk mendapatkan job, maka jawabannya pasti “Iya, seorang pebisnis online wajib punya situs bisnis.”

Sayangnya, fakta diluar sana tidak seperti itu. Kami kenal beberapa pelaku bisnis online, yang tidak memiliki atau menggunakan situs bisnis untuk memperlancar kegiatan pemasaran mereka. Salah satunya adalah mentor bisnis kami, Ibu Indari Mastuti.

Pemilik Indscript Creative ini, sekarang memperluas lini bisnisnya di bidang fashion dengan mendirikan IndsBlack. IndsBlack khusus memproduksi handsock atau sarung tangan untuk para wanita.

Sejauh yang kami tahu, Beliau hanya menggunakan Facebook sebagai sarana pemasarannya. Dan pemasaran Beliau pun sudah sangat sukses besar. Jaringan marketer yang meyasar kelas ekonomi menengah ini, tersebar di seluruh penjuru Indonesia, bahkan hingga keluar negeri.

Jadi, penting atau tidak penting sebuah situs bisnis, sebetulnya tergantung pada kebutuhan dan pangsa pasar Anda. Jika sasaran Anda memang mereka yang berada diseluruh dunia maya, biasa berselancar untuk menemukan produk yang mereka butuhkan, ya, silahkan saja, bangun dan buat situs Anda agar selalu ada di halaman pertama mesin pencari.

Begitu juga jika pangsa pasar lebih banyak berada di media sosial, gunakan saja aplikasi tersebut untuk memaksimalkan omset Anda.

Hanya saja, situs atau blog bisnis memang memiliki satu kelebihan dibandingkan platform pemasaran media sosial.

Kelebihan situs atau blog bisnis dibanding media sosial dan platform pemasaran lainnya

Pernahkan Anda mendengar iklan pembuatan situs atau blog bisnis? Biasanya pada iklan tersebut akan diberi tambahan, alasan mengapa blog bisnis sangat penting untuk pemasaran online Anda.

Anda mungkin akan mendengar jika situs bisnis berpotensi menjangkau pasar yang lebih luas, mengurangi biaya percetakan, sebagai identitas bisnis, dan masih banyak lagi.

Kelebihan diatas memang tidak salah, tapi ada satu hal yang paling kami rekomendasikan, dan jadikan alasan mengapa seorang pebisnis online perlu memiliki situs atau blog bisnis; yaitu keleluasaan Anda untuk mengontrol konten, perilaku pembaca, cara hendak berpromosi, dan masih banyak lagi.

Karena situs bisnis, ibarat sebuah rumah yang Anda miliki. Apapun yang hendak Anda lakukan pada rumah tersebut, tidak ada yang bisa membatasi.

Beda halnya dengan media sosial. Platformnya sudah bukan milik Anda bukan? Dan tentu saja cara Anda memasarkan produk atau jasa, harus mengikuti peraturan si Pemilik platform.

Jika kemudian platform media sosial itu tutup pun, tidak ada yang bisa Anda lakukan (Anda generasi 80-90an tentu familiar dengan Multiply, bukan?).

Semua foto, konten, bahkan daftar kustomer yang pernah Anda kumpulkan, akan ikut hilang.

Salah seorang guru SEO kami pernah berkata, “Silahkan gunakan tools, media sosial atau apapun untuk berpromosi, tapi mulailah bangun situs atau blog bisnis. Ibarat di musim hujan, situs atau blog bisnis adalah payung, cadangan, yang bisa kita gunakan saat semua tools dan media sosial mengubah algoritma, peraturan, atau apapun namanya.”

Jadi, apakah situs atau blog bisnis penting? Sekali lagi, tergantung kebutuhan Anda.

Jika Anda bicara tentang pemasaran online jangka panjang, maka sebaiknya Anda pertimbangkan untuk memilikinya.

Jika waktu menhadi kendala, gunakan saja jasa Content Creator, Content Writer, SEO spesialist, atau siapa saja sesuai dengan kebutuhan pemasaran online Anda.

Tapi, bila yang Anda butuhkan saat ini adalah putaran dana secepatnya, maka pilihlah platform dimana pasar terbesar Anda berada.

Bagaimanapun, ada beberapa kesiapan yang sebaiknya Anda penuhi, sebelum memulai sebuah situs atau blog bisnis.

Apa saja check list kesiapannya? Emak Digital akan bahas dalam post berikutnya.

Salam,

Rahayu, EmakDigital.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *