Berada di halaman pertama Google atau mesin pencari lainnya, akan membantu keberhasilan pemasaran digital Anda
Berada di halaman pertama Google atau mesin pencari lainnya, akan membantu keberhasilan pemasaran digital Anda

Pertama, mari kita coba tes terlebih dahulu, apakah situs Anda muncul dalam hasil pencarian Google. Berikut ini caranya:

  • Bersihkan riwayat pencarian dan data cache pada komputer Anda
  • Buka jendela browser Anda dalam metode “Penyamaran” (klik tiga tombol di samping kanan browser, dan pilih “Jendela Penyamaran Baru”)
  • Masukkan URL atau nama domain situs Anda tanpa tambahan kata apa pun 

Jika situs Anda tidak muncul di Google pencarian, ada kemungkinan situs Anda belum terindeks oleh Google. 

Tapi benarkah sebuah situs sangat penting untuk berada pada halaman pertama Google? Mengapa jika jualan online melalui situs atau blog bisnis perlu mengusahakan untuk berada pada mesin pencari? 

Mengapa ranking situs di mesin pencari penting

Alasan mengapa situs Anda perlu ada di halaman pertama mesin pencari hanya satu, karena kebanyakan orang tidak akan mencari jawaban selain di halaman pertama (saya yakin Anda juga seperti itu bukan?).

Sebuah penelitian membuktikan jika situs yang ada di top list pencarian organik Google mendapat trafik sebesar 33%, dan 18% untuk posisi kedua. Prosentase tersebut terus menurun untuk posisi-posisi berikutnya.

Jadi, tidaklah cukup situs Anda terindeks oleh Google, Bing, juga Yahoo

Artikel terkait: Ingin bisnis Anda masuk pencarian Google? Gunakan saja Google Bisnisku

Mengapa situs bisnis Anda tidak muncul di halaman pencarian

Para guru SEO saya sering berkata, “Parameter Google itu tricky“, karena itu tidak ada yang bisa memastikan trik yang benar-benar manjur untuk membuat sebuah situs masuk dalam mesin pencari.

Meskipun begitu, ada beberapa hal yang mungkin menjadi penyebab situs Anda tidak muncul di mesin pencari, diantaranya:

Alasan #1. Situs Anda hanya belum terindeks, misal karena masih baru
Mesin pencari butuh waktu untuk bisa mengindeks situs Anda. Bisa dalam waktu satu minggu atau malah lebih. Ini terjadi karena situs Anda masih baru dan belum memiliki inbound links.

Jadi apa yang harus dilakukan?

Pertama, buatlah akun di Google Webmaster Tools. Setelah itu, masukkan sitemap.xml URL Anda, dan minta Google untuk merayapi kembali situs Anda.

Jika Anda tidak ingin membuat akun Webmaster, Anda bisa menambahkan URL situs Anda pada link berikut http://www.google.com/addurl/

Google tidak selalu menambahkan URL yang didaftarkan ke indeks mereka. Mereka juga tidak menjamin atau bisa memprediksi jika URL yang telah didaftarkan akan muncul dalam indeks URL mereka. 

Tapi bila situs baru Anda terayapi, biasanya butuh waktu satu atau dua minggu untuk masuk ke dalam indeks Google. Jadi, bila dalam nanti situs Anda masih belum terayapi, cobalah lagi untuk melakukan langkah-langkah diatas. 

Cara lain yang bisa Anda gunakan adalah membangun link dengan situs lain. Anda dapat meminta bantuan teman yang memiliki blog untuk menautkan situsnya dengan situs milik Anda. 

Jika Anda memiliki budget, Anda dapat menitipkan link situs Anda pada beberapa Blogger yang masih dalam satu kategori dengan blog Anda. 

Cara berikutnya ada di halaman ketiga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *