Bagaimana Desainer Profesional Membantu Kesuksesan Bisnis Anda

Andre Liongson desainer profesional

Jika sedang membutuhkan desain untuk logo atau kemasan produk, mana yang akan Emak pilih; jasa seorang desainer profesional atau akan mencoba membuat sendiri demi penghematan biaya produksi?

Bicara tentang logo, kemasan dan desain, ada satu hal penting yang perlu kita ketahu, sebuah desain yang baik bisa membantu kesuksesan bisnis.

Sebuah design, baik itu dalam bentuk logo, kemasan, atau malah warna yang digunakan sebetulnya merupakan alat komunikasi kita kepada calon pelanggan. Dengan kata lain design merupakan alat komunikasi visual sebuah bisnis kepada calon pelanggannya.

Karena itu saat membutuhkan sebuah desain yang mewakili bisnis, pertimbangannya sebetulnya tidak hanya tentang harga, tapi bagaimana desain tersebut akhirnya mampu juga membangun kepercayaan dan mengkomunikasikan core value kita kepada calon pelanggan.

Jadi, design yang baik seharusnya tidak hanya sukses menarik pelanggan, tapi juga membangun kepercayaan.

Alasan desainer profesional lebih menguntungkan untuk pebisnis

Berawal dari obrolan “Sarapan IIDB” bersama bapak Andre Liongsong dari Kyub Design beberapa hari lalu. Pak Andre menyampaikan jika desain sebuah brand merupakan sarana komunikasi visual yang paling efektif antara bisnis dan pelanggan. Seperti saat kita masih bayi, kita bisa berkomunikasi dengan orang lain melalui gambar atau ekspresi dahulu, dan barulah melalui tulisan dan lainnya.

Itulah mengapa manusia sering disebut makhluk visual, karena dengan gambar visual kita bisa memahami orang lain meski tidak memahami bahasanya.

Disinilah pentingnya peran seorang desainer profesional. Desainer terlatih akan memastikan pesan bisnis kita mencapai calon pelanggan. Karya yang dibuat akan mudah terbaca dan mereka tahu bagaimana menyampaikan poin-poin secara efektif.

Seperti saat pak Andre mengerjakan project “Lebaran” untuk Kopi Toko Djawa, sebuah kedai kopi yang pada awalnya merupakan toko buku legendaris di Bandung.

Sumber gambar: Channel YouTube Rumah Teh Iin

Dengan tujuan menyampaikan pesan kehangatan lebaran dan “nafas tempoe doloe” Kopi Toko Djawa, pak Andre memilih sebuah desain komik ala jaman dulu untuk poster, menu, label produk, dan kemasan hampers.

Sumber gambar: Instagram @kyubdesign

Pemilihan ide ini ternyata mendapat sambutan baik dari pelanggan Kopi Toko Djawa. Tidak hanya campaign mereka yang berhasil, konsep komik yang pak Andre buat juga disambut baik oleh masyarakat.

Terbukti bahwa sebuah karya desainer yang profesional tidak hanya mampu membawa pesan sebuah brand, tapi juga kesuksesan bagi bisnis yang dijalankan.

Tentang Andre Liongsong dan Kyub Studio

Pak Andre Liongsong sendiri merupakan salah satu founder dari Kyub Studio, yang bergerak dibidang jasa desain dan percetakan. Beliau memulai karir desain komunikasi sejak duduk di bangku kuliah.

Di tahun 2015, bersama dua rekannya yang ahli pada percetakan dan animasi, Beliau mendirikan Kyub Studio. Kyub Studio berdiri dengan sebagai one stop solution bagi pebisnis yang kadang tidak dapat menemukan percetakan yang tepat untuk desain yang mereka miliki.

Seperti nama “Kyub” yang diambil dari kata “kotak” dalam bahasa inggris. Sebuah benda yang mempunyai banyak sisi, begitu juga Kyub yang berisi banyak ahli berbeda, namun memiliki satu tujuan yang sama; membantu branding klien melalui desain visual.

Selain pemahaman lebih tentang desain dan brand, ada hal lain yang saya pelajari dari Beliau, yaitu prinsip dalam bekerja.

Jika sudah memilih melakukan sesuatu, maka harus dilakukan dan diselesaikan.

Prinsip ini juga Beliau dalam mengerjakan desain untuk kliennya. Tidak heran jika klien Beliau terus berdatangan.

Jadi Mak, jika memang sudah berniat melakukan bisnis, jangan lupa untuk all out, ya, termasuk dalam memilih desainer profesional untuk logo, kemasan produk, hingga kartu nama. Percayalah, tidak akan pernah ada ruginya berinvestasi pada desain yang berkualitas.

Leave a Comment