Memulai tulisan pada situs bisnis kadang memang membingungkan. 3 hal berikut, semoga dapat membantu Anda melakukannya
Memulai tulisan pada situs bisnis kadang memang membingungkan. 3 hal berikut, semoga dapat membantu Anda melakukannya

Kendala memulai tulisan pada situs bisnis

Memulai hal-hal kecil seperti membuat tulisan pertama pada situs bisnis, terkadang memang terasa tidak mudah. Merasa tidak percaya diri jika tulisan akan bermanfaat untuk pembaca, merasa kesulitan menentukan kata kunci yang tepat dan bisa memenangkan blog kita pada persaingan pada mesin pencari, membuat daftar “sulit memulai tulisan pada situs bisnis” semakin panjang.

Masih ditambah dengan kenyataan jika membangun situs bisnis butuh usaha nyata, waktu, juga kesabaran dan ketelatenan.

Sudah menjadi rahasia umum jika kita menginginkan hasil yang konsisten, sesuai dengan target yang telah kita tetapkan, sekecil apapun itu, maka hal yang bisa kita lakukan hanyalah 2: konsisten dan disiplin.

Seperti saat ingin menurunkan berat badan dengan hasil yang permanen, maka yang harus dilakukan adalah konsisten mengatur pola makan, olahraga teratur, dan tentu saja disiplin dengan rencana yang telah disusun.

Dan hal itu tidak berbeda jauh dengan dunia blogging.

Ketika membagikan tulisan Anda di media sosial, belum tentu tulisan tersebut akan langsung menjadi viral, atau dibagikan banyak orang. Malah bisa saja hanya beberapa orang saja yang memberikan tanda suka, membaca atau membagikan tulisan Anda.

Blogging, meskipun itu untuk situs bisnis, selayak mengoleksi album-album laris sepanjang masa. Kita harus selalu menunjukkan dan menyesuaikan konten kita dengan pembaca. Selalu berusaha membuktikan bahwa konten kita relevan, dan menunjukkan komitmen kita untuk terus melangkah ke depan. Bagaimana melakukannya? 3 hal berikut ini mungkin bisa membantu Anda.

3 hal yang harus Anda lakukan agar mudah memulai tulisan pertama pada situs bisnis

#1. Analisa persona

Persona adalah karakter fiksi. Dia adalah target positif dan negatif Anda. Target positif adalah mereka yang Anda harapkan untuk datang, berkunjung ke situs bisnis Anda. Target yang kemudian melakukan transaksi atau apapun yang Anda harapkan dari pengunjung situs bisnis Anda.

Sementara target negatif adalah mereka yang tidak menjadi target utama Anda. Dalam kategori ini Anda bisa memasukkan mereka yang diluar jangkauan produk atau jasa yang Anda tawarkan. Misalnya pelajar yang mencari referensi tulisan, mereka yang berada pada usia persona positif Anda, namun berada di kelas sosial berbeda, memiliki latar pendidikan berbeda, dan seterusnya.

Menentukan persona sangat penting agar Anda mudah menetapkan gaya bahasa, topik, juga writing voice yang tepat untuk situs bisnis Anda.

#2. Tentukan kata kunci

Kata kunci penting untuk situs bisnis Anda. Tujuannya untuk “menghantarkan” mesin pencari menuju ke situs atau blog Anda.

Anda dapat menggunakan Google Trends, Google Keyword Planner (sekarang menjadi Google Ads), keywordtools.io, SEMRUSH, Ahrefs, WordStream, dan masih banyak lagi.

Pilih kata kunci dengan volume pencarian medium. Cara lainnya, modifikasi kata kunci dari Google Trends agar menjadi Long Tail Keywords.

Kumpulkan kata kunci Anda pada sebuah tabel, dan mari lanjutkan pada langkah ketiga. 🙂

#3. Jadwalkan

Salah satu masalah besar dalam membangun situs bisnis adalah konsistensi.

Kami mengetahui, jika ada banyak hal yang seorang pebisnis lakukan. Biasanya, memikirkan pengembangan produk, pemasaran, analisa keuangan adalah hal-hal utama yang seorang pelaku bisnis lakukan. Hingga akhirnya, menulis atau update post situs bisnis berada dalam daftar terakhir to-do-list.

Karena itu, cobalah buat jadwal konten Anda di awal bulan, dan lakukan di pagi hari, ketika Anda belum terganggu dengan jadwal lainnya.

Menjadwalkan konten di awal bulan akan mengurangi jumlah to-do-list harian Anda. Anda pun akan lebih mudah fokus pada jenis konten atau topik yang ingin Anda sampaikan sesuai dengan program pemasaran yang sedang Anda kerjakan.

Bila kemudian Anda masih juga belum memiliki waktu, untuk menuliskannya, cobalah gunakan jasa Content Creator atau Content Writer untuk melakukannya. Pastikan pemberi jasa tersebut bersedia terbuka untuk konsultasi dan membantu keperluan Anda dalam membuat konten yang tepat.

Semoga artikel di atas, dan selamat memulai tulisan pertama pada situs bisnis Anda! 😉

Rahayu,

EmakDigital.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *