situs_blog_bisnis_tidak_muncul_di_halaman_pertama_google (2)

Banyak variabel yang mempengaruhi mengapa sebuah situs atau blog bisnis tidak muncul di halaman pertama Google

Akhir pekan kemarin, saya beristirahat sejenak dari kesibukan sehari-hari dengan menonton kembali episode spesial serial drama korea, W2World.  Sebuah drama yang bercerita tentang tokoh animasi, yang dapat keluar ke dunia nyata.

Ketika pemain utama, Kang Chul, berkata jika di dunia ini ada banyak sekali variabel yang tidak bisa duga, saya tiba-tiba teringat pertanyaan salah seorang kawan, yang merasa resah, mengapa blog barunya tidak juga muncul di halaman pertama Google.

Well, pertanyaan “kapan situs saya akan muncul di mesin pencari Google“, memang sering menjadi pertanyaan utama bagi para pemula. Tidak hanya Anda, saya pun juga mengalaminya. Kita sudah bekerja keras membangun blog atau situs bisnis, tentu saja kita ingin melihat hasilnya bukan?

Seperti yang pernah Emak Digital sampaikan pada artikel “7 Hal yang Harus Anda miliki Sebelum Membangun Situs“, untuk dapat menghasilkan seperti yang Anda harapkan, paling tidak situs blog biasanya butuh waktu setidaknya 6 bulan. Itupun, dengan syarat, Anda konsisten update blog, berbagi di media sosial, dan aktivitas pendukung lainnya.

Selain itu, masih ada banyak faktor yang mempengaruhi mengapa sebuah situs tidak muncul di mesin pencari Google.

Oya, ada yang harus Anda garis bawahi disini, tidak ada seorangpun yang tahu pasti bagaimana robot Google bekerja mengindeks sebuah situs.

Seperti Kang Chul bilang, ada banyak variabel di dunia ini; begitu juga dengan cara kerja mesin pencari Google, banyak faktor yang digunakan untuk memasukkan sebuah situs atau halaman ke dalam indeks pencarian Google. Bahkan, Google sendiri menyatakan hal tersebut dalam salah satu halaman Webmasternya.

Okay, jadi apakah kita harus menyerah pada variabel? Tentu saja tidak. Anda berselancar dan menemukan situs ini karena sedang mencari jawaban bukan? Baik, mari kita diskusikan satu persatu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *