3 Hal yang harus Anda lakukan saat memilih hosting pertama kali

#1. Ketahui tipe hosting yang Anda inginkan

Ini juga kesalahan saya yang lain. Saya tidak pernah tahu jika ada 4 macam hosting yang biasa di perjualbelikan. Empat jenis hosting tersebut adalah

  1. Share hosting
  2. Reseller shared hosting
  3. Virtual servers
  4. Dedicated servers

Secara sederhana, jika menggunakan share hosting, artinya Anda berbagi dengan server dengan pemilik hosting lainnya. Biasanya, hosting jenis ini ditawarkan dengan harga murah, meski beberapa juga menawarkan dengan harga mahal.

Kekurangan share hosting, akses ke situs Anda bisa saja lebih lambat karena adanya akses di situs lain. Jenis hosting ini kadang juga membatasi penggunaan software atau plugin tertentu karena keterbatasan kapasitas. Share hosting sangat cocok bagi Anda yang memiliki situs kecil.

Diawal saya menggunakan jasa layanan hosting ini (saat blog saya masih bernama smartcontentind.com). Menurut saya, sih, masih cukup untuk kebutuhan saya saat itu yang hanya butuh mengupload beberapa gambar dan tulisan.

Reseller hosting adalah jenis hosting yang modelnya mirip share hosting. Hanya saja, jenis reseller hosting, biasanya menawarkan, Anda dapat memiliki beberapa situs dalam satu akun. Harganya tentu saja sesuai dengan jumlah situs yang hendak Anda miliki, tapi masih lebih murah dibanding hosting virtual dan dedicated hosting.

Jika Anda menginginkan kontrol lebih terhadap situs Anda dan tidak ingin kawatir jika akses ke situs lain akan mengganggu akses ke situs Anda, maka jenis virtual servers adalah pilihan terbaik.

Sebetulnya sih, Anda tidak sepenuhnya memiliki kontrol terhadapt server yang menjalankan situs Anda, hanya saja pilihan jenis hosting ini, memungkinkan Anda memiliki kemudahan sebuah dedicated server. Sebuah virtual server, akan menjalankan sebuah “virtual mesin”. Dan sebuah dedicated server, bisa saja memiliki beberapa virtual server.

Karena itulah, dengan virtual server ini, Anda dapat dengan mudah mengupgrade atau meng-downgrade kapasitas bandwith situs Anda.

Pilihan dedicated server, sangat pas bagi Anda yang ingin memiliki kontrol sepenuhnya terhadap situs serta alokasi kapasitasnya. Hanya saja, Anda akan butuh bantuan teknisi saat ingin menambahkan atau mengurangi kapasitas server, atau memindahkan data server ke dedicated server lainnya.

Lalu bagaimana cara mengetahui jenis hosting yang disediakan oleh setiap pemberi jasa hosting?

Tanyakan saja jenis layanan yang mereka tawarkan. Penyedia yang profesional tentu akan menjawab jenis layanan seperti apa yang mereka tawarkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *