#2. Lakukan penelitian

Modal saya saat pertama kali membuat situs, hanyalah percaya. Bagi saya, tidak mungkin sebuah perusahaan dengan orang-orang bernama besar membohongi konsumennya.

Sayang, itulah kesalahan besar saya. Tak dinyana, perusahaan penyedia layanan tersebut malah bangkrut di tahun kedua.

Meski situs saya telah dipindah dan dititipkan ke penyedia hosting lainnya, tetap saja saya masih mendapat sedikit kekurangan plus merasa kurang puas dan hilang kepercayaan.

Karena itu jika Anda ingin membeli sebuah hosting untuk situs bisnis Anda, lakukanlah penelitian terlebih dahulu.

Menurut saya, lebih baik memilih hosting yang telah dipakai salah seorang teman Anda dan teman tersebut tidak pernah mengeluh atas pelayanan penyedia jasa hostingnya.

Pilihan lainnya tentu saja dengan mencari review dari penyedia hosting tersebut.

Selain memilih hosting yang digunakan teman atau membaca review, saya lebih suka bertanya kepada kawan yang memang ahli dalam masalah ini. Biasanya saya berkonsultasi kepada kawan pemilik situs nusagates.com, pemilih jasa pembuatan dan perbaikan desain situs.

#3. Ajukan pertanyaan 

Nah, ini juga kesalahan saya yang lain. Saat membeli domain kontenunik, saya tidak bertanya kapan domain saya akan expired. Begitu juga saat saya membeli hosting dan mengganti nama domain, saya santai saja ketika tidak mendapat pemberitahuan tertulis (hanya melalui chat WA) tentang kode akses Cpanel.

Akibatnya, ketika domai expired saya tidak siap. Akses Cpanel pun harus bolak-balik tanya. Sungguh buka pekerjaan yang efektif.

Karena itu, pastikan Anda telah membuat daftar pertanyaan ketika hendak membeli hosting yang Anda butuhkan. Misalkan tentang jenis layanan, solusi backup, berapa kontrak yang ditawarkan per satuan harga, apakah ada fasilitas email dan berapa kuotanya, apakah ada tambahan biaya saat Anda ingin berpindah server atau hosting dan lain sebagainya.

Menurut saya, itulah 3 hal yang harus Anda lakukan saat memilih layanan host pertama kali. Semoga pengalaman saya bisa bermanfaat, ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *